Cara Install WordPress di localhost menggunakan XAMPP secara lengkap dan mudah, dan metode ini akan sangat bermanfaat ketika Anda hendak melakukan uji coba aplikasi dan membangun website WordPress di komputer Anda sendiri sebelum online menggunakan share hosting.

WordPress yang diinstal di komputer ini sering disebut – WordPress offline, yang rata-rata digunakan oleh para developer untuk membangun website baru dengan tanpa harus ada akses ke jaringan internet dan tanpa harus ada nama domainnya.

WordPress offline ini nanti akan membutuhkan database dan database user, maka kita pun harus membuatnya terlebih dahulu di database local pc.

Langkah ini diperlukan karena WordPress akan menggunakan database tersebut untuk mengelola data-data yang akan dibuat nantinya.

Xampp ini juga sudah support pembuatan database local menggunakan Phpmyadmin.

Untuk cara menambah database dan user menggunakan Xampp di Phpmyadmin

Berikut ikuti caranya:

Cara Membuat Database Dan User Di XAMPP

Sebelum kita menginstal WordPress, kita harus membuat database dan user terlebih dahulu. Ini harus kita lakukan karena WordPress merupakan aplikasi website yang membutuhkan database untuk menyimpan data-data yang kita gunakan.

  1. Pertama-tama kita harus masuk ke phpmyadmin di XAMPP. Ketik di browser alamat http://localhost/phpmyadmin sehingga muncul tampilan seperti ini dibawah ini :
  2. Pada menu Database, silahkan masukkan nama database yang diinginkan, kemudian klik Create. Ingat-ingat nama database tersebut ya, karena kita akan menggunakannya nanti. Jika perlu, tuliskan di aplikasi notepad supaya mudah bagi kita untuk mengingatnya.

    NB: Di sini saya menggunakan nama database “myblog“.
  3. Sekarang saatnya kita menambahkan nama user untuk database yang baru saja kita buat. Silahkan masuk ke database yang sudah dibuat, Anda bisa menemukannya di bagian sebelah kiri. Begitu masuk, lihat menu Privileges. Kemudian klik Add user.
  4. Begitu Anda klik Add User maka akan muncul form pembuatan user baru. Isikan username, Anda bisa mengisikannya dengan nama apapun teserah Anda, yang penting Anda hafal. Kemudian isikan juga host, gunakan use text field saja, lalu isikan dengan localhost. Selanjutnya isikan password 2 kali dan harus sama. Terakhir, centang grant all privileges on database.
  5. Eits, tunggu dulu, belum selesai. Scroll ke bawah, dan Anda akan menemukan opsi Global Privileges guna memberikan hak akses kepada user untuk mengelola semua database, klik Check All saja. Setelah itu, pencet tombol Add User.

Ya, langkah membuat database dengan XAMPP dan user di phpmyadmin sudah selesai. Secara default, aplikasi XAMPP mempunyai default user bernama “root” dan tanpa password. Jika kita hendak menggunakan user tersebut juga tidak masalah. Namun ada baiknya kita gunakan user sendiri.

Selanjutnya, silahkan simak tips langkah-langkah cara install WordPress di localhost menggunakan XAMPP berikut ini.

Instalasi WordPress Di Localhost

Dalam proses ini, usahakan Anda gunakan aplikasi Xampp dan file instalasi WordPress yang terbaru untuk menjamin instalasi berjalan smooth.

Kemudian untuk file WordPress terbaru, bisa didapatkan disini:

Baiklah, mari kita lanjutkan prosesnya.

*1 – Copy File WordPress

Buka folder XAMPP di komputer Anda, lalu bukalah folder htdocs, kemudian copy-kan file WordPress ke dalam folder ini.

Lebih mudahnya, buka Windows Explorer, lalu ketik C:\xampp\htdocs pada bagian folder address seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

*) NB: Folder htdocs merupakan folder yang dipakai untuk menaruh file-file yang bisa dibuka di browser. Jika kita menaruh selain di folder ini, maka browser tidak akan bisa membukanya. Biasanya kalau settingan masih default, folder ada di drive C. Jadi pastikan jangan salah taruh ya..

*2 – Tentukan Lokasi WordPress Directory

Apabila file masih dalam bentuk compress, maka harus diekstrak terlebih dahulu.

Default folder / directory hasil ekstraknya biasanya bernama ‘wordpress’, dan jika Anda ingin, nantinya Anda bisa mengganti nama folder ini menjadi nama yang Anda sukai, katakanlah nama website Anda.

Di sini saya menggantinya dengan nama ‘Myblog’.

Jika diakses, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

*3 – Buka WordPress Offline Di Browser

Sekarang bukalah browser favorit Anda yntuk membuka situs WordPress offline ini, nantinya kita bisa mengaksesnya dengan alamat – http://localhost/nama_folder

Kalau milik saya buka nya pakai alamat – http://localhost/blogku 

Jika milik Anda tetap memakai folder default, maka alamatnya – http://localhost/wordpress. 

Ketikkan di address bar, lalu klik – Create a Configuration File

Klik – Let’s Go

*4 – Install WordPress

Isikan nama databaseusername, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya, masih ingat kan?

Pada bagian Database Host isikan dengan localhost saja.

Klik Submit.

Klik Run the Install.

Isikan data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website. Setelah itu klik install wordpress.

Selamat! WordPress offline Anda sudah selesai dan siap untuk digunakan.

Silahkan Login.

*5 – Login WordPress

Masukkan username dan password yang telah Anda buat pada langkah no.4 untuk login ke Dashboard.

Cara lainnya, bisa juga dengan langsung mengetikkan alamat di browser:

  • http://localhost/nama_folder/wp-admin. 
  • Jika di tempat saya berarti menggunakan alamat – http://localhost/blogku/wp-admin.

Nah, demikianlah langkah-langkah bagaimana Cara Instal WordPress Di Localhost menggunakan XAMPP.

Baca Juga : Web Server Lokal Dengan Bitnami WAMP Server

id Bahasa Indonesia
X